Selamat Datang

Selamat datang di Blog SMP Negeri 2 Sempor, ayo bergabung dan bertukar informasi di bidang pendidikan dan informasi lain dengan kami.

Kamis, 08 Juni 2017

Sekolah 5 Hari SMP Negeri 2 Sempor

Sekolah 5 hari mulai Tahun Pelajaran 2017/2018

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan menerapkan kebijakan baru terkait dengan jam belajar di sekolah. Kebijakan ini akan berlaku mulai tahun ajaran baru 2017/2018. Menurut Mendikbud nantinya waktu belajar-mengajar di sekolah bagi sekolah negeri dan swasta tingkat SD hingga SMA secara nasional akan berlangsung 5 hari sekolah.

"Alasannya nanti sudah diperpanjang waktu belajarnya. Minimun 8 jam itu. Jadi kalau minimum 8 jam, kalau 5 hari masuk, jadi sudah 40 jam per minggu. Dan itu sudah sesuai standar kerja ASN untuk guru. Jadi kalau sudah itu sudah melampaui standar kerja ASN sehingga guru mengikuti standar itu," kata Muhadjir di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/6/2017)


Dalam PP No 19 Tahun 2005, waktu kerja guru dan kepala sekolah mencapai 40 jam per pekan dengan waktu istirahat sekitar 30 menit per hari, atau waktu kerja aktif 37,5 jam per pekan. Jadi dengan waktu kerja lima hari dari Senin sampai Jumat, harapanya agar Sabtu dan Minggu untuk keluarga, termasuk untuk keluarga guru.

Mendorong Sektor Pariwisata

Kebijakan ini diharapkan juga akan mendukung tumbuh kembang sektor pariwisata. Kalau Sabtu dan Minggu libur kan biasanya digunakan untuk kumpul bersama keluarga dan berwisata," ucapnya. Ke depan kebijakan ini diyakini dapat berjalan dengan baik, sambil sekolah mempersiapkan fasilitas-fasilitas tambahan yang dibutuhkan.

Seperti kita ketahui bahwa beberapa daerah termasuk Jawa Tengah khusunya untuk SMA/SMK Negeri saat ini sudah melaksanakan 5 hari sekolah. Ke depan seluruh sekolah diharapkan akan melaksanakan kebijakan ini dengan melakukan penyesuaian seperti fasilitas kantin, dan ruang sholat, dan lain-lain.

Jika kebijakan ini benar-benar diterapkan mulai Juli 2017, maka apapun dan bagaimanapun, mau ga mau siap tidak siap SMP Negeri 2 Sempor, harus mulai berbenah dan menyiapkan diri, agar ketika diberlakukan SMP Negeri 2 Sempor tidak latah dan tertinggal dengan sekolah lain, baik dalam hal kesiapan fasilitas sekolah maupun kesiapan SDM sekolah dalam menyiapkan sekolah 5 hari.

Selamat menempuh Tahun Pelajaran Baru (bagi yang merayakannya).

Sumber : dari berbagai sumber situs online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar